China Meluncurkan Aplikasi Deteksi Kontak Dekat Coronavirus

China Meluncurkan Aplikasi Deteksi Kontak Dekat Coronavirus

Sebagai bagian dari langkah-langkah untuk menangani situasi dengan coronavirus, China telah meluncurkan aplikasi seluler “detektor kontak dekat”, yang memungkinkan orang untuk memeriksa apakah mereka berisiko terkena virus.

Setelah mendaftar dengan nomor telepon, pengguna harus memasukkan nama dan nomor ID mereka untuk mengetahui apakah mereka berhubungan dekat dengan seseorang yang terinfeksi. Setiap nomor telepon yang terdaftar dapat digunakan untuk menanyakan tiga nomor ID.

Mereka yang telah melakukan kontak dekat disarankan untuk tinggal di rumah dan menghubungi otoritas kesehatan setempat.

Aplikasi ini dikembangkan oleh Kantor Umum Dewan Negara, Komisi Kesehatan Nasional dan Perusahaan Kelompok Teknologi Elektronik China (CETC) – dengan dukungan dari Komisi Kesehatan Nasional, Kementerian Transportasi, Kereta Api Tiongkok, dan Administrasi Penerbangan Sipil Tiongkok untuk memastikan data yang akurat, andal, dan resmi.

Menurut Komisi Kesehatan Nasional, kontak dekat mengacu pada seseorang yang datang dalam jarak dekat, tanpa perlindungan yang efektif, dengan kasus yang dikonfirmasi, kasus yang diduga atau kasus ringan saat orang tersebut sakit atau menunjukkan kasus tanpa gejala dalam kondisi berikut.

Ini termasuk orang-orang yang bekerja berdekatan, berbagi ruang kelas yang sama atau tinggal di rumah yang sama; staf medis, anggota keluarga atau orang lain yang telah melakukan kontak dekat dengan pasien di lingkungan tertutup dan pasien lain di ruangan yang sama dan pengasuh mereka; serta penumpang dan anggota kru yang berada di fasilitas transportasi yang sama dengan pasien (kasus yang dikonfirmasi dan diduga) dan kasus yang terinfeksi (kasus ringan dan kasus tanpa gejala).

Misalnya, dalam penerbangan, semua penumpang di baris yang sama dan tiga baris di depan dan belakang kursi kasing, serta pramugari yang menyediakan layanan kabin di daerah tersebut, dianggap berada dalam kontak dekat, sementara penumpang lainnya akan disebut memiliki kontak umum.

Demikian pula, di kereta ber-AC yang tertutup sepenuhnya – semua penumpang dan anggota kru yang berada di kompartemen yang sama dianggap berada dalam kontak dekat.

Tinggalkan Balasan